Kota Sister City dengan kategori ‘Penjajakan’ menandakan bahwa hubungan kerjasama kota tersebut dengan Kota Bandung masih berada pada tahap penjajakan. Penjajakan dilakukan dengan saling tukar menukar informasi dan potensi kota yang dimiliki antar kedua pihak. Pertukaran ini dapat memanfaatkan kantor perwakilan negara asing di Indonesia atau kantor perwakilan RI di luar negeri.

Pada tahap ini kedua pihak saling memberikan gambaran mengenai kondisi masing - masing kota secara umum.  Disamping itu juga dibicarakan mengenai kemungkinan bidang - bidang kerjasama. Misalnya : good governance, promosi pariwisata, sales mission, seminar, capacity building dan sebagainya. 

Selain itu pula khususnya untuk Pemerintah Kota Bandung setelah pertemuan - pertemuan awal dengan pemerintah kota dari luar negeri, dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kemungkinan bidang - bidang yang akan dikerjasamakan. Untuk selanjutnya diadakan pertemuan - pertemuan dengan SKPD terkait untuk menentukan bidang - bidang apa saja yang akan dikerjasamakan dan kemudian memulai proses formal untuk kerjasama Sister City.






2015 BAGIAN KERJASAMA KOTA BANDUNG SUB BAGIAN KERJASAMA LUAR NEGERI